Rabu, 22 Desember 2010

MANFAAT JUS

Manfaat Jus Wortel

Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang bisa juga jadikan jus. Jus wortel memiliki banyak manfaat bagi kita untuk usia yang masih dini. Selain itu, jus wortel juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan.

Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver.

Dalam wortel juga ada kandungan vitamin E, yang membantu mencegah kanker. Jus wortel yang dicampur dengan susu juga merupakan vitamin A ideal untuk bayi. Jus wortel juga cocok dicampur dengan jus buah lainnya. Gangguan sakit-sakit di usia tua pun juga dapat terbantu dengan rutin minum jus wortel tiap hari.

Jus wortel juga bagus diminum ibu hamil. Kandungan Beta carotene dalam buah ini juga merupakan antioksidan, yang bagus buat ibu dan calon bayinya. Selain itu, antioksidan juga membantu memperlambat proses penuaan. Buah lain yang kaya anti oksidan adalah berry. Kedua buah ini bisa dijus bersama-sama atau secara terpisah.

Manfaat jus wortel adalah berguna sebagai anti-inflammatory dan menyegarkan kulit. Dan dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, jus wortel membantu memudarkan bercak-bercak di kulit. - Jus wortel yang dikonsumsi tiap hari mampu mengatasi kulit kasar karena bercak dan pigmentasi

Mungkin bagi sebagian orang jus wortel terasa tak enak, tapi demi kesehatan dan melihat manfaatnya tak ada salahnya untuk dJus Lemon

Jus lemon manis sangat efektif utk mengobati kembung dan muntah-muntah, mengurangi asam dalam perut, menyembuhkan sembelit, perangsang nafsu makan, menormalkan kerusakan pencernaan secara cepat. Disarankan minum segelas jus lemon setiap hari terutama pada pagi hari. Manfaat lain :Menyembuhkan dan meredakan influenza, malaria, dan masuk angin.Bersifat antibakteri, menetralisir gula darah, baik untuk saraf dan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, memelihara kesehatan gigi dan tulang, dan menyembuhkan penyakit pada ginjal dan kerusakan kandung kemih.

Jus Apel

Minimal segelas sehari pada pagi hari. Manfaat jus apel Mengendalikan dan menstabilkan berat badan. Membantu menunda proses penuaan.Melawan arthritis (radang sendi).Menurunkan kolesterol. Menurunkan tekanan darah. Meningkatkan HDL. Menstabilkan gula darah. Agen antikanker. Obat peyakit jantung. Memperbaiki otot pencernaan pd saluran pembuang. Mengatasi sembelit & diare.


Jus Anggur

Minimal segelas sehari pada pagi hari. Manfaat jus anggur : Memperlancar buang air kecil. Mengatasi sembelit. Mencegah osteoporosis. Melawan virus dan infeksi. Membantu mencegah kanker. Membantu fungsi ginjal. Menurunkan kolesterol

Jeruk

Jeruk berfungsi memperbaiki pencernaanm merangsang nafsu makan, menghilangkan kembung, menghancurkan cacing2 dalam usus, menyembuhkan sakit perut dan sembelit.Jus jeruk membersihkan pembusukan makanan pd lambung dan saluran lambung serta usus-usus. Disarankan minum satu gelas jus jeruk pada pagi hari secara teratur. Manfaat lain : Menyembuhkan sariawan. Menurunkan kolesterol darah. Menghilangkan batu empedu. Sebagai zat antikanker

Jus Jambu Biji ( hahaha,.,,.,. my favorite juice..)

Jambu biji dengan nama latin Psidium Guajava Linn mempunyai manfaat yang sangat besar. kandungan vit.C-nya jauh lebih tinggi dari jeruk (jambu 183,5 mg dan jeruk mandarin 30,8 mg). Kemudian ada juga kandungan asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A dan B1. Ada kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol. Juga kandungan tanin yang bersifat astringent yang bermanfaat sebagai anti diare dan mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare. Minimal segelas sehari pada pagi hari sebelum makan. Manfaat jus jambu biji: Mengatasi problem pencernaan . Menurunkan kolesterol. Antioksidan. Melawan Virus

Jus Nanas

Minimal segelas sehari sebelum tidur. Manfaat jus nanas : Mempelancar sitem pencernaan. Membantu menghilangkan lemak. Menyembuhkan radang sendi. Menyembuhkan infeksi saluran pernapasan. Menghambat pertumbuhan sel tumor dalam jaringan

Pepaya

Disarankan minum jus pepaya 200 ml setiap hari. Manfaat jus pepaya : Membantu pemecahan serat makanan yang tersisa. Mengobati luka lambung, konstipasi, diare kronis,sembelit. Membunuh parasit dalam tubuh. Mengurangi panas tubuh. Membantu membuang lemak. Anti kanker

Pisang

Jus pisang diminum satu gelas sehari pada malam hari menjelang tidur. Manfaatnya :Pisang mampu membuat permukaan sel lambung menjadi lebih kuat menahan cairan yg berbahaya (racun).Menstimulasi perkembangan sel lambung yg baru& mengeluarkan lapisan pelindung berlendir dg cepatyg dapat menyelubungi permukaan lambung.Menurunkan kolesterol darah & tekanan darah,baik untuk darah dan jantung.

BIJI PEPAYA menyehatkan mata

Merawat kesehatan mata tak memerlukan biaya dan usaha yang banyak, selama kamu displin melakukannya, mata kamu akan senantiasa berbinar indah dengan tatapan yang menebarkan aura kebahagiaan.

Menurut dr. Rini Mahendra SpM salah satu cara perawatan murah ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.

Bila kamu tidak tahan akan rasa getirnya, maka kamu dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.

Sekain itu, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata, misalnya yang mengandung antioksidan, seperti karotin (banyak dijumpai pada sayuran wortel dan bayam), mengandung seng (terdapat pada daging sapi atau domba), dan selenium (pada ikan atau daging merah).

Sudah sering pastinya orang tua mengingatkan untuk makan wortel supaya mata kita cerah. Tetapi ternyata data yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa buah-buahan-lah yang akan memberikan perlindungan dan mencegah kerusakan mata. Tiga porsi buah per hari akan mencegah kerusakan mata dengan sangat kuat.

Sementara dalam kesehariannya, menjaga mata pun tak membutuhkan banyak pantangan. Menonton televisi merupakan hal yang aman bagi mata, karena peregangan di mata saat melihat televisi tidak terlalu berlebihan dibanding saat membaca. Tetapi ada beberapa hal kecil yang mesti kamu perhatikan.

Perhatikan pencahayaan yang memadai, usahakan agar tidak terlalu besar dan terlalu rendah. Pencahayaan yang terlalu kuat dapat mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan di televisi, dan jaga warna di sekitar televisi bercorak netral.

Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak gelap total. Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan mata.

Untuk jarak menonton, setidaknya jarak antara mata dan televisi adalah lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata. Jika sering menonton dalam jarak dekat, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan mata.

Pastikan televisi telah diatur dengan baik, sehingga posisi televisi sejajar dengan mata dan ketika menonton tidak harus mendongak atau membungkuk.

Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata teregang dan kering. Beberapa tips yang berkaitan dengan layar televisi dapat digunakan saat menggunakan komputer.

Jika sudah terlalu lama, sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering.

Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

Pastikan monitor yang anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD (layar datar) karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT (layar tabung).

Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi. Pun jika mengalami gangguan penglihatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata, dan jangan sekali-kali berusaha untuk memperjelas pandangan mata dengan mengusapnya menggunakan jari, karena hal ini dapat menyebabkan retina mata sobek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar